Instan Identik dengan Tidak Sehat? No Way

Semakin terbatasnya waktu dan meningkatnya aktivitas, kerap kita mendengar dan menemui beberapa produk pangan instan. Tujuannya adalah untuk mempersingkat waktu proses pembuatan yang ujungnya kita bisa mengalokasikan sisa waktu untuk kegiatan yang kita anggap lebih penting.

Namun, seiring dengan semakin banyaknya (tidak semua, red.) produk pangan instan yang setelah dikaji ulang banyak menggunakan pengawet dan pewarna kimia yang merugikan kesehatan, semakin kencang pula informasi bahwa pangan instan sebenarnya mempunyai resiko kurang baik bagi kesehatan.

Jika melihat dari definisi kata dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata instan terbentuk dari dua suku kata : in·stan yang artinya “langsung (tanpa dimasak lama) dapat diminum atau dimakan (tt mi, sup, kopi, susu bubuk):susu — , susu yg begitu dicampur dng gula dan air (panas atau hangat) langsung dapat diminum”. Jadi tidak ada kata-kata pangan yang merugikan kesehatan dalam definisi instant. Ini semata karena pada awal trend makanan instan diproduksi, banyak produsen yang kurang peduli dengan nilai nutrisi yang dikandung makanan instan tersebut, sehingga tertanam di benak konsumen bahwa makanan instan adalah makanan yang dari nilai nutrisi sangat minim. Padahal saat ini sudah banyak produk pangan instan yang bernutrisi tinggi bahkan berasal dari bahan pangan sehat untuk memudahkan masyarakat mengkonsumsinya.

Hal ini terjadi pula pada produk bumbu masak. Tidak semua bumbu masak instan mengandalkan MSG, yang konon mempunyai dampak negatif dalam jangka panjang sebagai penguat rasa bahkan bahan utama bumbu tersebut. Demikian juga tidak semua produsen bumbu masak menambahkan bahan pengawet sampai dosis maksimal untuk mempertahankan kualitas dalam jangka waktu panjang.

Instan artinya langsung atau tanpa dimasak lama, bukan berarti tidak sehat. Sebagai konsumen, kita berhak memilih produk yang menggugah selera dan baik untuk kesehatan dalam jangka pendek maupun panjang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s